MANUSIA DAN PENDERITAAN

MANUSIA DAN PENDERITAAN
1.       Pengertian Penderitaan
Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari kata sansekerta yang artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau juga lahir batin. Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada pula yang ringan. Peranan individu juga menentukan berat tidaknya intensitas dari penderitaan itu sendiri. Sebuah peristiwa dapat di anggap sebagai suatu penderitaan oleh seseorang tetapi belum tentu di anggap sama oleh orang lainnya. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan. Penderitaan akan dialami setiap manusia karena itu adalah bagian dari kehidupan ini dengan tingkatan yang berbeda.

2.       Pengertian Siksaan
Siksaan merupakan suatu penderitaan yang diterima oleh seseorang. Penderitaan itu sendiri berbentuk penganiaan. Seseorang mengalami penganiayaan yang membuatnya mendapatkan siksaan dan merasa tersiksa. Kenyamanan tentu saja tidak didapatkan oleh eorang yang tersiksa. Dengan siksaan yang di dapat oleh seseorang pastilah akan membuat orang itu mendapat luka baik fisik maupun luka hati. Bahkan tidak hanya luka yang didapat oleh seseorang yang disiksa akan timbul rasa dendam pada diri orang yang disiksa tersebut terhadap orang yang telah mnyiksanya. Penyiksaan sudah hampir secara universal telah dianggap sebagai pelanggaran berat hak asasi manusia.

3.       Pengertian Kekalutan Mental
Kekalutan mental merupakan suatu keadaan di mana jiwa seseorang mengalami kekacauan dan kebingungan dalam dirinya sehingga ia merasa tidak berdaya. Saat mendapat kekalutan mental berarti seseorang tersebut sedang mengalami kejatuhan mental dan tidak tahu harus berbuat apa. Dengan mental yang jatuh tersebut tak jarang membuat orang yang mentalnya jatuh itu dapat membuat tingkat stres pada orang tersebut meningkat sehingga dapat mengakibatnya tidak waras lagi. Oleh karena itu, sudah seharusnya orang yang sedang mengalami kejatuhan mental mendapatkan dukungan moril dari orang-orang terdekatnya seperti keluarga, sahabat, atau teman-teman sekitarnya. Sangat dibutuhkan sebuah support kedapa orang yang kalut mental agar orang tersebut mendapat semangat lagi dalam menjalani kehidupannya.

4.       Penderitaan dan Pemujaan
Penderitaan yang artinya menanggung atau merasakan sesuatu hal yang tidak menyenangkan dan hal itu terlahir dari lahir atau jug abatin dari seseorang. Setiap manusia memiliki tingkat penderitaannya masing-masing, semua kembali kepada bagaimana manusia itu sendiri menyikapinya. Dan sedangkan pemujaan memiliki arti penghormatan kepada suatu hal. Pemujaan bisa saja timbul karena rasa kagum sampai seseorang kehilangan akal sehat karena terlalu memuja seatu hal secara berlebihan, dan inilah yang tidak jarang membuat orang yang begitu memuja akan melakukan apapun demi yang di puja itu senang tanpa memikirkan timbal balik atas apa yang telah dilakukannya. Pada keadaan  seperti ini bisa saja seseorang yang pemuja merasakan penderitaan batin karna ketidakpuasan atas kekagumannya tadi, maka ia akan terus melakukan pemujaan atas hal yang di puja secara berlebihan.

5.       Penderitaan Media Massa dan Seniman
Sangatlah mungkin setiap manusia mengalami sebuah penderitaan dalam kehidupannya, dan penderitaan itu terjadi karena beberapa hal penyebabnya, seperti contoh kekerasan dalam rumah tangga, bencana alam, kegagalan dalam berbisnis, kejahatan kriminal dan masih banyak lagi penyebab dari penderitaan. Dan dengan seiring makin pesatnya teknologi pada masa kini media massa dapat menyebarkan berita-berita dari penderitaan yang di rasakan pada setiap orang tersebut. Hampir dalam sehari ketika menonton tayangan berita di televisi atau mendengar berita dari radio berita yang mengabarkan tentang penderitaan silih berganti mewarnainya. Berita yang di sebarkan tersebut diharapkan agar orang lain yang mengetahui beritanya dapat memberi bantuan kepada sesama yang sedang dilanda penderitaan tersebut. Dan dalam kemajuan dari media massa ini tidak hanya penderitaan yang di ekspose, para seniman-seniman pun dapat mempublikasikan karya nya melalui media massa agar bisa di nikmati oleh masyarakat luas untuk dapat menghayati sebuah karya yang mengandung penderitaan dan juga keindahan dari seni yang di ciptakan.

6.       Penderitaan dan Sebabnya
Penderitaan manusia dapat diperinci berdasarkan sebab-sebab dari timbulnya penderitaan tersebut, yakni sebagai berikut :
·         Penderitaa yang timbul karena perbuatan buruk manusia. Yaitu, penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Penderitaan yang kadang disebut nasib buruk ini dapat diperbaiki bila mnusia itu mau berusaha untuk dapat memperbaikinya agar lebih baik dari sebelumnya.
·         Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan/ azab. Yaitu, penderitaan manusia dapat juga terjadi akibat penyakit atau siksaan/ azab. Namun kesabaran, tawakal dan optimisme merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaannya tersebut.

Akibat yang terjadi dari penderitaan yaitu jika penderitaan yang dialami seseorang atau banyak orang tidak dapat diatasi menggunakan hati, maka kemungkinan besar akan berdampak pada emosi dan hal buruk lainnya.






SUMBER :
http://kampoeng-it.blogspot.com/2012/06/pengertian-penderitaan-penderitaan.html
http://sayidatul.blogspot.com/2013/04/kekalutan-mental.html
http://ade-firdiyantoro.blogspot.com/2011/05/pengertian-siksaan.html
http://reshairnia.blogspot.com/2011/06/hubungan-penderitaan-media-massa-dan.html
http://ululaziza.blogspot.com/2011/06/penderitaan-dan-sebab-sebabnya.html 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUSINESS RELATIONSHIP MANAGEMENT (BRM)

PEMBENTUKAN SITUS E-COMMERCE

TENSES